Berbakti Kepada Orangtua Part 2



Assalamu'alaikum wr. Wb.
Yang terhormat ......, yang terhormat ..... selaku Tim Penguji, serta rekan-rekan yang berbahagia

marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang rahmat hidayah dan inayah dari Allah kita semua pada kesempatan ini dalam keadaan sehat wal’afiat dan dapat bertatap muka ditempat ini.
kedua salam dan salawat juga kita panjatkan kepada Nabi Besar kita Muhammad SAW, semoga beliau senantiasa ditempatkan oleh Allah di sisi-Nya sebagai umat yang meperoleh derajat yang paling tinggi di akhirat. Amin!

Teman-teman yang saya cintai , sebagai umat islam kita wajib menjujung tinggi nilai-nilai agama kita yakni nilai2 yang ada pada kaidah Al-Qur’an dan hadist.pada pagi yang berbahagia ini, kita mencoba menggali nilai2 Agama Islam itu lebih jauh lagi, khususnya tentang berbakti kepada orang tua.

Rekan-rekan yang berbahagia

Allah yang Maha Bijaksana telah mewajibkan setiap anak untuk berbakti kepada orang tuanya. Bahkan perintah untuk berbuat baik kepada orang tua dalam Al Qur’an diwujudkan dengan perintah untuk bertauhid sebagaimana firman-Nya,
“ Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknyaJika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka
perkataan yang mulia” (Al Isro’: 23)

Rekan-rekan yang cintai.
Alangkah baiknya bila kita memahami pentingnya berbakti kepada orangtua. Berbakti kepada kedua orang tua merupakan salah satu amal sholih yang mulia bahkan disebutkan berkali-kali dalam Al Quran tentang keutamaan berbakti pada orang tua.
Alloh Ta’ala berfirman:





Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala (artinya) :”Dan kam perintahkan kepda manusia (berbuat baik) kepada dua orang Ibu Bapaknya, Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapinhnya dalam 2 tahun.
Maka bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang Ibu Bapaknya, hanya kepada Ku-lah kembalianmu.” ( QS. Luqman :14 )

Rekan2 dambaan orangtua.
Berbakti kepada orangtua termasuk amalan yang paling mulia. Demikian agungnya kedudukan berbakti pada orang tua, bahkan di atas jihad fi sabililllah, padahal jihad memiliki keutamaan yang sangat besar pula.
Hal ini tercemin dalam Hadist yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim sbagi berkt

Ibnu Mas’ud berkata: “Aku pernah bertanya kepada Rosululloh, ‘Amalan apakah yang paling dicintai Alloh?’ Beliau menjawab, ‘mendirikan sholat pada waktunya,’ Aku bertanya kembali, ‘Kemudian apa?’ Jawab Beliau, ‘berbakti kepada orang tua,’ lanjut Beliau. Aku bertanya lagi, ‘Kemudian?’ Beliau menjawab, ‘Jihad di jalan Alloh.’” (HR. Al Bukhori no. 5970)..

Rekan-rekan yang saya berbahagia

Sekarang kita ketahui bersama apa arti penting dan keutamaan berbakti pada orang tua.
Oleh karena itu Marilah kita instropeksi diri apa yang telah kita lakukan tehadap kedua ortu kita, sehingga kita haus berbuat baik kepada ortu untuk memprleh memperoleeh ridhonya.Karena allah ada pada ridho kedua ortu.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf jika ada perkataan yang tidak berkenan. Semoga bermanfaat bagi diri saya dan teman2 sekalian..

Assalamu'alaikum wr.wb

0 komentar:

Poskan Komentar

Apakah Anda mempunyai saran/pertanyaan? Tambah komentar. Jangan spam!

Selamat Datang

Selamat datang di blogger-utilities.blogspot.com - Saya merasa senang apabila sesuatu yang anda butuhkan berada di blog ini. Jangan lupa berkunjung kembali, dan follow blog ini Selengkapnya tentang saya

Sepintas Tentang Yordan Asrori

Nama : Yordan Asrori
Sekolah : SMA N 1 Lendah
Umur : 16 tahun
Hobi : Futsal dan Hanker
Alamat : Sentolo, Kulon Progo, D.I.Y

Info